PENERAPAN METODE K-MEANS UNTUK PERSONALISASI DESAIN GRAFIS DALAM KAMPANYE PEMASARAN DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

NURUL, RAHMATIA (2025) PENERAPAN METODE K-MEANS UNTUK PERSONALISASI DESAIN GRAFIS DALAM KAMPANYE PEMASARAN DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kempanye pemasaran dalam dunia pendidikan tinggi memiliki peran penting dalam menarik minat calon mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode K-Means Clustering dalam personalisasi desain grafis pada kampanye pemasaran Universitas Muhammadiyah Mataram. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengelompokkan komputer audiens menjadi tiga kategori sentiment, yaitu postif, negatif dan netral serta memahami preferensi visual audiens berdasarkan segmentasi tersebut. Data diperoleh melalui kuisioner online yang disebarkan kepada 750 responden dari 10 wilayah di Nusa Tenggara Barat (NTB). Komentar terhadap tiga desain promosi kampus dianalisis melalui beberapa tahapan pra-pemrosesan, termasuk parsing, tokenisasi, normalisasi, dan pembobotan kata menggunakan TF-IDF. Selanjutnya dilakukan penyederhanaan variabel menggunakan Principal Component Analysis (PCA), dan data diklasterkan menggunakan algoritma K-Means. Hasil klasterisasi menujukkan mayoritas komentar netral, sementara sentiman positif dan negatif jumlahnya lebih sedikit. Evaluasi klaster menggunakan Silhouette Score menunjukkan hasil yang baik dengan nilai di atas 0,79 untuk semua data desain. Segmentasi ini dimanfaatkan untuk memahami karakteristik audiens secara lebih mendalam, yang selanjutnya digunakan sebagai dasar dalam menyesuaikan elemen desain seperti warna, tata letak, dan tipografi agar lebih sesuai dengan minat masing-masing klaster. Penelitian ini membuktikan bahwa penerapan metode K-Means afaktif dalam mengelompokkan opini audiens dan dapat digunakan untuk mendukung strategi personalisasi desain grafis pada kampanye pemasaran universitas. Dengan pendekatan ini, meteri promosi dapat lebih tapat sasaran dan berpotensi meningkatkan efektivitas dalam menarik calon mahasiswa baru.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorFITRI, ASTUTIKnidn0806107701
Thesis advisorMUHAMMAD, IMAM DINATAnidn0821019501
Uncontrolled Keywords: K-Means Clsutering, Kampanye pemasaran, desain grafis, segmentasi audiens, personalisasi, pendidikan tinggi.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 602 Aneka Ragam tentang Teknologi dan Ilmu Terapan
600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik & Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Sistem dan Teknologi Informasi > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nurul Rahmatia
Date Deposited: 08 Sep 2025 06:01
Last Modified: 08 Sep 2025 06:01
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12901

Actions (login required)

View Item View Item