SUMIATI, SUMIATI (2025) EFEKTIVITAS PEGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF WORDWALL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMA N 10 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHEK.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif Wordwall sebagai media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan motivasi siswa dan hasil belajar mereka dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Selain itu, juga untuk mengetahui bagaimana metode konvensional dan media Wordwall dapat meningkatkan hasil belajar. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi-eksperiment) dan desain non-equivalent control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 10 Mataram, yang dibagi menjadi dua kelompok: kelas eksperimen yang menggunakan wordwall dan kelas kontroll yang menggunakan pembelajaran konvesional. Jumlah subjek penelitian sebanyak 72 siswa, terdiri dari 36 siswa di kelas eksperimen dan 36 siswa di kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar, serta angket skala Likert untuk mengukur motivasi belajar siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed-Rank Test untuk melihat perubahan dalam masing-masing kelompok, dan Mann-Whitney U Test untuk mengetahui perbedaan antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Wordwall secara signifikan meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Pada kelas eksperimen, uji Wilcoxon menunjukkan peningkatan motivasi dengan signifikansi 0,028 dan peningkatan hasil belajar dengan signifikansi 0,000 (< 0,05). Selain itu, uji Mann-Whitney mengungkapkan perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol baik dalam motivasi maupun hasil belajar, dengan nilai signifikansi masing-masing sebesar 0,000. Temuan ini menunjukkan bahwa Wordwall, dengan fitur interaktif dan gamifikasinya, mampu menciptakan pembelajaran yang lebih menyenangkan, menantang, dan memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam proses belajar.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Wordwall, Media Pembelajaran Interaktif, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, PPKn. | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Sumiati Sumiati | |||||||||
Date Deposited: | 09 Sep 2025 03:36 | |||||||||
Last Modified: | 09 Sep 2025 03:36 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12849 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |