EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) KELAS VIII SMPN 21 MATARAM

ELSA, FITRI NINGSIH (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) KELAS VIII SMPN 21 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Partisipasi belajar siswa dalam mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan (PPKn) masih tergolong rendah dan proses pembelajaran cenderung bersifat satu arah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas VIII di SMP Negeri 21 Mataram. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design. Subjek penelitian terdiri atas dua kelas, yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan model Pembelajaran team games tournament (TGT) dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan angket pretest dan posttest, dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan partisipasi belajar yang signifikan pada kelas eksperimen, dengan rata-rata nilai post-test sebesar 65,28 dibandingkan dengan rata-rata pre-test sebesar 51,96. Sementara itu, kelas kontrol menunjukkan peningkatan yang lebih rendah, yaitu dari 46,76 menjadi 49,56. Hasil uji Independent Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan dalam partisipasi belajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional.. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) efektif dalam meningkatkan partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VIII di SMP Negeri 21 Mataram.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHAFSAH, HAFSAHnip196906052007012037
Thesis advisorZEDI, MUTTAQINnidn0821128402
Uncontrolled Keywords: Team Games Tournament (TGT), Partisipasi Belajar siswa, PKn
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Elsa Fitri Ningsih
Date Deposited: 10 Sep 2025 07:09
Last Modified: 10 Sep 2025 07:09
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12840

Actions (login required)

View Item View Item