IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN MULTIMEDIA ANIMAKER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn KELAS XI DI SMAN 2 SANGGAR

WILDATUN, HUSNIAH (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN MULTIMEDIA ANIMAKER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn KELAS XI DI SMAN 2 SANGGAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
cover-daftar pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
similarity check.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SMAN 2 Sanggar, yang disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional yang kurang menarik dan tidak mampu mengakomodasi gaya belajar siswa yang beragam. Untuk mengatasi hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran kooperatif berbantuan multimedia Animaker dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas XI. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi eksperimen menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran berbantuan Animaker dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar, serta observasi dan kuesioner untuk menilai tanggapan siswa terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan hasil belajar pada kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. Pembelajaran berbantuan Animaker mampu meningkatkan pemahaman konsep PKn secara visual dan interaktif, meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam diskusi kelompok, serta menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Kendala utama yang dihadapi adalah keterbatasan fasilitas teknologi dan keterampilan guru dalam mengoperasikan aplikasi Animaker, namun hal ini diatasi melalui pelatihan dan optimalisasi sarana. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif berbantuan multimedia Animaker efektif dan direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran PKn dan mata pelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHAFSAH, HAFSAHnip1969060520007012037
Thesis advisorZEDI, MUTTQIENnidn0821128402
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Multimedia Animaker, Hasil Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan, Teknologi Pendidikan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Wildatun Husniah
Date Deposited: 04 Sep 2025 08:12
Last Modified: 04 Sep 2025 08:12
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12777

Actions (login required)

View Item View Item