PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PEMBELAJARAN PPKn KELAS X DI SEKOLAH SMAN 2 WERA

NURAFRIANI, NURAFRIANI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PEMBELAJARAN PPKn KELAS X DI SEKOLAH SMAN 2 WERA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan kecerdasan bangsa, termasuk melalui pembelajaran PPKn yang menanamkan sikap demokratis dan tanggung jawab. Di SMAN 2 Wera, pembelajaran masih didominasi metode ceramah yang membuat siswa kurang aktif dan kurang termotivasi. Model pembelajaran inkuiri terbimbing dipandang mampu meningkatkan keterlibatan siswa dan pemahaman konsep secara lebih mendalam. Berdasarkan kondisi tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan pemahaman konsep pembelajaran PPKn siswa kelas X SMAN 2 Wera. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 23 siswa dari kelas XA . Instrumen penelitian berupa angket skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Sebelum analisis, dilakukan uji prasyarat berupa uji normalitas dan linearitas. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan uji regresi untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan model pembelajaran inquiry terbimbing terbukti memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa dalam mata pelajaran PPKn. Hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa sebesar 66,3% variasi dalam pemahaman konsep siswa dapat dijelaskan ol eh model pembelajaran tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa model inquiry terbimbing efektif dalam mendorong keterlibatan aktif siswa, memperkuat pemahaman konsep, serta melatih kemampuan berpikir kritis dan reflektif. Selain itu, instrumen penelitian yang digunakan telah melalui uji validitas dan reliabilitas, sehingga data yang diperoleh dapat dijadikan dasar yang kuat dalam pengambilan kesimpulan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSRI, REJEKInip196612101993032002
Thesis advisorZEDI, MUTTAQINnidn0821128402
Uncontrolled Keywords: Inquiry Terbimbing, Pemahaman Konsep, PPKn
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 107 Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nurafraini Nurafraini
Date Deposited: 09 Sep 2025 02:24
Last Modified: 09 Sep 2025 02:24
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12772

Actions (login required)

View Item View Item