DAMPAK PENGELOLAAN KELAS DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP IT ASH SHOHWA BILATEPUNG GERUNG LOMBOK BARAT

JUMRAH, M SOGE (2025) DAMPAK PENGELOLAAN KELAS DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP IT ASH SHOHWA BILATEPUNG GERUNG LOMBOK BARAT. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam dampak pengelolaan kelas dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi terhadap motivasi belajar siswa di SMP IT Ash Shohwa Bilatepung, Gerung, Lombok Barat. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian terdiri atas guru dan siswa kelas VII yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas berbasis pembelajaran berdiferensiasi dilaksanakan melalui penyesuaian konten, proses, dan produk pembelajaran sesuai dengan tingkat kemampuan, minat, serta gaya belajar siswa. Strategi ini terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar, yang tercermin dari partisipasi aktif, kemandirian, serta rasa percaya diri siswa dalam mengikuti pembelajaran. Simpulan penelitian menegaskan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi yang direncanakan secara matang dan dikelola secara konsisten dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif sekaligus mendorong peningkatan motivasi belajar siswa secara signifikan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSRI, REJEKInip196612101993032002
Thesis advisorZEDI, MUTTAQINnidnn0821128402
Uncontrolled Keywords: pengelolaan kelas, pembelajaran berdiferensiasi, motivasi belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Jumrah M. Soge
Date Deposited: 04 Sep 2025 07:10
Last Modified: 04 Sep 2025 07:10
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12753

Actions (login required)

View Item View Item