PENGARUH HARGA, ONLINE CUSTOMER RATING, BIAYA ONGKIR DAN KECEPATAN PENGIRIMAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PLATFORM E-COMMERCE (STUDI KASUS PENGGUNA E-COMMERCE DI KOTA MATARAM)

MUHAMMAD, ZAINUL FANI (2025) PENGARUH HARGA, ONLINE CUSTOMER RATING, BIAYA ONGKIR DAN KECEPATAN PENGIRIMAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PLATFORM E-COMMERCE (STUDI KASUS PENGGUNA E-COMMERCE DI KOTA MATARAM). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan e-commerce di Indonesia, termasuk di Kota Mataram, telah mengubah pola perilaku konsumen dalam melakukan pembelian secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga, online customer rating, biaya ongkir, dan kecepatan pengiriman terhadap keputusan pembelian konsumen di platform e-commerce. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Sampel penelitian berjumlah 98 responden, ditentukan menggunakan rumus Slovin dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner berbasis Google Form dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara online customer rating, biaya ongkir, dan kecepatan pengiriman terbukti berpengaruh signifikan. Uji simultan (uji F) memperlihatkan bahwa keempat variabel independen secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai Adjusted R² sebesar 81,1% variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variaebl Independen. Temuan ini menegaskan bahwa dalam konteks konsumen e-commerce di Kota Mataram, faktor layanan seperti biaya ongkir, kecepatan pengiriman, dan kepercayaan melalui rating lebih dominan dibandingkan pertimbangan harga. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pelaku e-commerce dalam merumuskan strategi pemasaran yang lebih efektif untuk meningkatkan daya saing di pasar digital.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSULHAN, HADInidn0813038202
Thesis advisorHANDOYO, WIRASTOMOnidn083048802
Uncontrolled Keywords: Harga, Online Customer Rating, Biaya Ongkir, Kecepatan Pengiriman, Keputusan Pembelian
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 352 Pemerintah Lokal
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Bisnis > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Muhammad Zaenul Fani
Date Deposited: 04 Sep 2025 07:23
Last Modified: 04 Sep 2025 07:23
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12752

Actions (login required)

View Item View Item