Penerapan Teori Kognitif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Smp-It Al-Fajar Mataram Tahun Pelajaran 2024/2025

ZIAN, HALIMATUS SAKDIAH (2025) Penerapan Teori Kognitif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Smp-It Al-Fajar Mataram Tahun Pelajaran 2024/2025. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ZIAN ARAB PEMBUKUAN dapus.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Zian Halimatus Sakdiah SIMILIARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan teori kognitif dalam pembelajaran Bahasa Arab di SMP-IT Al-Fajar Mataram serta mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif, yang berfokus pada pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi untuk memperoleh gambaran mendalam tentang fenomena pembelajaran di lapangan. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk menguraikan proses pembelajaran dan kendala yang muncul secara apa adanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teori kognitif dilakukan dengan menyesuaikan materi sesuai perkembangan kognitif siswa, mendorong aktivitas mandiri siswa dalam membangun pemahaman bahasa, penggunaan advance organizer untuk pembelajaran bermakna, serta penerapan pembelajaran penemuan dengan tahapan enaktif, ikonik, dan simbolik. Media visual dan teknik mnemonik juga digunakan untuk membantu pengkodean informasi ke dalam memori jangka panjang siswa. Namun, penerapan ini menghadapi hambatan seperti perbedaan kemampuan kognitif siswa, keterbatasan waktu dan media pembelajaran, rendahnya motivasi dan konsentrasi siswa, serta hambatan linguistik dan non-linguistik yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNASARUDIN, NASARUDINnidn0831127714
Thesis advisorHUSNAN, HUSNANnidn0807048002
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Teori Kognitif, Pembelajaran Bahasa arab
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 107 Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan
400 Bahasa > 492 Bahasa Lain
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Zian Halimatus Sakdiah
Date Deposited: 04 Sep 2025 07:46
Last Modified: 04 Sep 2025 07:46
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12728

Actions (login required)

View Item View Item