Pengajaran Morfologi (Sharf) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca siswa Di Pondok Khusus Putri Al-Halimy Sesela Lombok Barat 2024-2025.

ULPIANA, LESTARI (2025) Pengajaran Morfologi (Sharf) Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca siswa Di Pondok Khusus Putri Al-Halimy Sesela Lombok Barat 2024-2025. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
SKRIPSI TARI ARAB DAPUS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Ulpiana Lestari SIMILIARITY CHEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengajaran morfologi (sharaf) dalam meningkatkan kemampuan membaca teks bahasa Arab siswa di Pondok Khusus Putri Al-Halimy Sesela Lombok Barat. Rumusan masalah yang dikaji adalah apakah pengajaran morfologi dapat meningkatkan kemampuan membaca teks bahasa Arab secara signifikan dan bagaimana penerapan metode pembelajaran sharaf berkontribusi terhadap peningkatan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain komperatif. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang mendapatkan pengajaran morfologi dengan metode pembelajaran konstruktivisme dan media pembelajaran inovatif, serta kelas kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan tersebut. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan membaca teks bahasa Arab sebelum dan sesudah perlakuan, kemudian dianalisis menggunakan uji N-Gain dan Independent Samples t-test untuk mengetahui tingkat peningkatan dan perbedaan kemampuan antar kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajaran morfologi (sharaf) efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca teks bahasa Arab siswa. Kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata N-Gain sebesar 34,83, sedangkan kelas kontrol mengalami penurunan dengan nilai rata-rata N-Gain -102,44. Uji t menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelompok dengan nilai signifikansi 0,001 (< 0,05). Hal ini membuktikan bahwa pengajaran sharaf yang diberikan mampu meningkatkan kemampuan membaca siswa secara signifikan. Selain itu, penggunaan metode pembelajaran yang aktif dan media inovatif memberikan dampak positif terhadap konsistensi dan kualitas peningkatan kemampuan membaca siswa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHUSNAN, HUSNANnidn0807048002
Thesis advisorAHMAD, HELWANI SYAFI`Inidn0814067001
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pengajaran morfologi, kemampuan membaca,
Subjects: 400 Bahasa > 492 Bahasa Lain
400 Bahasa > 415 Tata Bahasa, Kalimat, Sintaksis, Kata
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Ulpiana Lestari
Date Deposited: 04 Sep 2025 07:34
Last Modified: 04 Sep 2025 07:34
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12724

Actions (login required)

View Item View Item