LITERASI SEBAGAI PONDASI PADA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS SI SWA DI SD ‘AISYIYAH 1 MATARAM

MARDIANA, MARDIANA (2025) LITERASI SEBAGAI PONDASI PADA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS SI SWA DI SD ‘AISYIYAH 1 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
cover-daftar pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
similarity Check.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pentingnya literasi sebagai landasan dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa di SD ‘Aisyiyah 1 Mataram. Literasi di jenjang sekolah dasar tidak hanya sekadar mengenal huruf atau menyalin kata, melainkan mencakup pemahaman bacaan, berpikir kritis, serta kemampuan menuangkan ide secara tertulis. Rendahnya minat baca dan keterampilan menulis siswa menjadi tantangan yang perlu segera ditangani guna menunjang mutu pembelajaran. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai program literasi seperti membaca, serta kegiatan menulis bebas dan kreatif secara berkala berdampak positif terhadap perkembangan keterampilan literasi siswa. Guru memiliki peran sentral dalam merancang dan menerapkan metode pembelajaran berbasis literasi yang menyenangkan dan bermakna. Namun, masih terdapat hambatan seperti terbatasnya bahan bacaan, minimnya pelatihan guru mengenai penguatan literasi, serta kurangnya keterlibatan keluarga dalam mendukung kebiasaan literasi di rumah. Oleh sebab itu, sinergi antara sekolah, orang tua, dan lingkungan sekitar menjadi kunci utama dalam membangun budaya literasi yang berkelanjutan. Studi ini menyarankan agar program literasi dikembangkan secara konsisten dan terintegrasi ke dalam seluruh proses pembelajaran, karena literasi merupakan dasar penting dalam membentuk kecakapan akademik dan sosial siswa di masa depan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMAPPANYOMPA, MAPPANYOMPAnidn0819098301
Thesis advisorMARDIYAH, HAYATInidn0802096701
Uncontrolled Keywords: literasi, membaca, menulis, siswa sekolah dasar, SD ‘Aisyiyah 1 Mataram, budaya literasi, pembelajaran berbasis literasi, minat baca, keterampilan menulis, peran guru.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Mardiana Mardiana
Date Deposited: 04 Sep 2025 06:43
Last Modified: 04 Sep 2025 06:43
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12712

Actions (login required)

View Item View Item