IIT, SRI ANITA (2025) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE ROLLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKN DI SMPN 5 SOROMANDI KABUPATEN BIMA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang: Pendidikan, tuntutan diberikan oleh pendidikan kepada pertumbuhan peserta didik untuk memajukan pendidikan. Namun ada beberapa permasalahan di Indonesia yang sampai saat ini belum terselesaikan secara tuntas, antara lain: masalah pemerataan pendidikan, mutu pendidikan, efisiensi pendidikan dan masalah relevansi pendidikan. Memang kita perlu akui bahwa secara umum manusia Indonesia kurang dapat menggunakan kemampuan dan bakat yang dimilikinya. Hal ini kemungkinan dikarenakan kurang sadarnya masyarakat dan pentingnya ilmu pengetahuan dan betapa pentingnya mengoptimalkan sumberdaya manusia untuk meningkatkan kesejahteraan kehidupan. Berbicara mengenai mutu pendidikan, sangat erat hubungannya dengan bagaimana proses belajar mengajar berlangsung.Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode rolle playing dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi PPKn. Metode Penelitian, Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan Jenis rancangan penelitian eksperimen dan metode non eksperimen, sampel dalam penelitian adalah Siswa SMPN 5 Soromandi, jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 70 orang siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi lapangan, dokumentasi, kuesioner dengan pendekatan eksperiment, untuk menganalisis statistik deskriptif kuantitatif dengan cara analisis uji hipotesis T, untuk mencari nilai signifikan pada variabel bebas (independent) dan terikat (dependent) bayi serta taraf kesalahan 5%. Hasil penelitian Dari tabel Sig. yang di peroleh pada hasil menganalisis dapat diinterprestasikan sebagai berikut : Efektifitas Penggunaan Metode Rolle Playing Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Kewarganegaraan berpengaruh dengan nilai Sig 0,000 < 0,05 dengan taraf α = < 0.05% (Nilai standar uji pengaruh suatu variabel). Sedangkan pemahaman siswa sebelum dan sesudah kegiatan metode pembe lajaran rolle playing adalah di kategori baik dengan nilai 35 (50%) dan kategori sangat baik sebanyak 40 (57%). Kesimpulan hasil penelitian ini adalah ada pengaruh tentang Efektifitas Penggunaan Metode Rolle Playing Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Kewarganegaraan.dengan analisis uji hipotesis T memiliki nilai signifikan sebesar 0,000.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Efektifitas Penggunaan Metode Rolle Playing, Peningkatan Pemahaman, Siswa. | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Iit Sri Anita | |||||||||
Date Deposited: | 04 Sep 2025 08:25 | |||||||||
Last Modified: | 04 Sep 2025 08:25 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12685 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |