PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA SDN 1 SIKUR SELATAN

MIRA, AGUSTINA (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA SDN 1 SIKUR SELATAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap pemahaman konsep siswa dalam mata pelajaran IPAS kelas IV di SDN 1 Sikur Selatan. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya pemahaman konsep siswa terhadap materi IPAS, khususnya pada topik pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, yang ditandai dengan kurangnya keterlibatan aktif dan pemahaman kritis siswa selama proses pembelajaran. Model PjBL dipilih karena dapat meningkatkan keterlibatan siswa melalui proyek nyata yang mendorong eksplorasi, kolaborasi, dan berpikir kritis. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (quasi-experimental) dan desain penelitian pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model PjBL dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dokumentasi, dan angket, kemudian dianalisis dengan uji-t menggunakan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest pada kelas eksperimen. Rata-rata nilai pretest kelas eksperimen adalah 56,25 dan meningkat menjadi 85,40 pada posttest. Sementara itu, rata-rata nilai pretest kelas kontrol adalah 55,80 dan meningkat menjadi 73,10 pada posttest. Hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai signifikansi < 0,05, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran IPAS.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUHAMMAD, NIZAARnidn0821078501
Thesis advisorHAIFATURRAHMAH, HAIFATURRAHMAHnidn0804048501
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning (PjBL), pemahaman konsep, siswa SD
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Mira Agustina
Date Deposited: 04 Sep 2025 00:57
Last Modified: 04 Sep 2025 00:57
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12633

Actions (login required)

View Item View Item