ANANDA, DESTI EKA PUTRI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR PADA TEMA KEWAJIBAN DAN HAK SISWA KELAS III SDN 2 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CEK_ DESTY.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui Pengaruh model pembelajaran Flipped classroom terhadap hasil belajar pada tema kewajiban dan hak siswa kelas III SDN 2 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (kuantitatif) yaitu mengetahui pengaruh variable independen (treatment/perlakuan) terhadap variable dependen (hasil) dalam kondisi yang terkendalikan. Metode eksperimen yang digunakan adalah eksperimen kuasi (Quasi Experimental Design) yaitu metode yang menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran flipped classroom. Jika semua data lebih besar dari taraf signifikasi 5% = 0,05 maka semua data tersebut dikatakan homogen. Hasil penguasaan pada pelajaran Kwajiban dan Hakku pada peserta didik di kelas eksperimen pada tes awal (Pre-Test), diperoleh nilai tertinggi untuk kelas eksperimen adalah 100 dan nilai terendah adalah 85, sedangkan pada kelas kontrol nilai tertinggi adalah 100 dan nilai terendah adalah 75, demikian pula untuk nilai rata-rata peserta didik kelas eksperimen sebelum diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan model pembelajaran flipped classroom sebesar 94,63 sedangkan rata-rata nilai kelas kontrol sebesar 85,48. Pada kelas eksperimen, perolehan nilai tertinggi adalah 100 sedangkan nilai terendah yang diperoleh adalah 80. Sedangkan pada kelas kontrol, perolehan nilai tertinggi adalah 95 dan nilai terendah juga diperoleh 60. Begitu pula dengan kelas eksperimen. Siswa yang mendapat perlakuan pembelajaran menggunakan model pembelajaran flipped classroom memperoleh nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan siswa kelas kontrol yang tidak mendapat perlakuan apa pun. Kelas eksperimen memperoleh skor rata-rata sebesar 88,70 sedangkan kelas kontrol memperoleh skor rata-rata sebesar 77,62.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Flipped Classroom, Hasil Belajar, Kewajiban dan Hak | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Ananda Desi Eka Putri | |||||||||
Date Deposited: | 03 Sep 2025 07:26 | |||||||||
Last Modified: | 03 Sep 2025 07:26 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12614 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |