PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI REFLEKTIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DALAM MATA PELAJARAN PPKn DI SMPN 7 MATARAM

KAMURIA, KAMURIA (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI REFLEKTIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA DALAM MATA PELAJARAN PPKn DI SMPN 7 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir secara reflektif dapat membantu mereka mengembangkan keterampilan pemecahan masalah serta kemampuan analitis yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri reflektif dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvesional di SMPN 7 Mataram. Jenis penelitian ini mengunakan penelitian Quasi eksperimen yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan pendekatan kuantitatif dan jumlah sampel dari penelitian ini adalah keseluruhan kelas VIII SMPN 7 Mataram yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIIA 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB 40 siswa sebagai kontrol yang berjumlah 80 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah obervasi, soal dan dokumentasi dengan metode analisis data yaitu uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesa. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan bantuan program SPSS 20.00 for windows dengan menggunakan teknik uji Independent Sample T-Test pada taraf signifikansi 5%, terdapat perbedaan prestasi belajar siswa siswa antara sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran inkuiri reflektif, yang dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dimanat hitung>ttabel maka Ho ditolak Ha diterima. Artinya ada perbedaan yang signifikan pada penerapan model pembelajaran inkuiri reflektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VIII di SMPN 7 Mataram Tahun Pelajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorCANDRA, CANDRAnidn0810058503
Thesis advisorISNAINI, ISNAINInidn0803058401
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Inkuiri Reflektif, Prestasi Siswa, Pelajaran PPKn
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 107 Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Kamuria Kamuria
Date Deposited: 03 Sep 2025 07:14
Last Modified: 03 Sep 2025 07:14
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12575

Actions (login required)

View Item View Item