PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PANCASILA KELAS VIII A DI MTS NEGERI 3 MATARAM

HASINAH, SINTIA NILAM SARI (2025) PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PANCASILA KELAS VIII A DI MTS NEGERI 3 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn, khususnya pada materi Pancasila di kelas VIII A MTs Negeri 3 Mataram melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya partisipasi aktif siswa, lemahnya kemampuan berpikir kritis, dan belum tercapainya hasil belajar sesuai standar. Dengan menerapkan PjBL, diharapkan siswa dapat lebih aktif, kreatif, serta mampu memahami dan menerapkan konsep-konsep Pancasila dalam kehidupan nyata. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri atas dua siklus, masing-masing mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis untuk mengukur peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Kegiatan pembelajaran berbasis proyek dirancang agar siswa terlibat aktif dalam pemecahan masalah nyata secara kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan aktivitas belajar, kemampuan menyampaikan ide, dan skor tes hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian, model PjBL efektif untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran serta mendukung pencapaian tujuan pendidikan, khususnya dalam pembelajaran PPKn.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSRI, REJEKInip196612101993032002
Thesis advisorZEDI, MUTTAQINnidn0821128402
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning (PjBL), Berpikir Kritis, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Hasinan Sintia Nilam Sari
Date Deposited: 03 Sep 2025 06:52
Last Modified: 03 Sep 2025 06:52
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12564

Actions (login required)

View Item View Item