SRI, RAHAYU (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PEMBELAJARAN IPAS DI SDN 2 TAWALI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran IPAS sebelum penggunaan model pembelajaran berbasis lingkungan di kelas V SDN 2 Tawali. (2) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran IPAS setelah menggunakan model pembelajaran berbasis lingkungan di kelas V SDN 2 Tawali. (3) Mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis lingkungan terhadap Pemahaman Konsep IPAS Siswa kelas V SDN 2 Tawali. Penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen, dengan desain penelitian eksperimental semu (quasi experimental design). Populasi dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas Va dan Vb dengan jumlah peserta didik 50 orang di SDN 2 Tawali. Teknik sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling sehingga terpilihlah kelas Va dengan jumlah 20 orang peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas Vb dengan jumlah 20 orang peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar. Data yang diperoleh melalui instrumen lembar tes hasil belajar dideskripsikan dan dianalisis menggunakan statistic deskriptif dan statisktik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perkembangan pemahaman konsep IPAS Siswa kelas V SDN 2 Tawali sebelum penerapan model pembelajaran berbasis lingkungan memperoleh nilai tertinggi sebesar 60, nilai terrendah sebesar 30, dan nilai rata rata sebesar 45. (2) Perkembangan pemahaman konsep IPAS siswa kelas V SDN 2 Tawali setelah penerapan model pembelajaran berbasis lingkungan memperoleh nilai tertinggi sebesar 100, nilai terrendah sebesar 60, dan nilai rata rata sebesar 80. (3) Hasil penelitian jika dibandingkan sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran berbasis lingkungan maka terdapat pengaruh positif terhadap peningkatan pemahaman konsep IPAS siswa kelas V di SDN 2 Tawali. Pengaruh ini dapat dilihat dari nilai rata-rata yang mengalami peningkatan antara nilai pretes yaitu 45 dengan nilai postes sebesar 80 serta dengan melakukan uji signifikan menggunakan rumus statistik inverensial menggunkan aplikasi SPSS versi 23, diperoleh hasil uji hipotesis nilai Sig. (2- tailed) < a atau 0,00 < 0,05 maka dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen sehingga dapat dikatakan H0 ditolak dan h1 diterima. Implikasi penelitian berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis lingkungan berpengaruh terhadap pemahaman konsep IPAS. Oleh karena itu disarankan kepada pihak sekolah khususnya guru sekolah dasar untuk menggunakan model pembelajaran berbasis lingkungan guna mencapai pembelajaran yang efektif sehingga siswa tampak lebih senang saat belajar dan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berbasis Lingkungan, Pemahaman Konsep, IPAS | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Sri Rahayu | |||||||||
Date Deposited: | 04 Sep 2025 02:05 | |||||||||
Last Modified: | 04 Sep 2025 02:05 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12543 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |