PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 35 AMPENAN

HENI, KURNIAWATI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 35 AMPENAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap keaktifan siswa dalam mata pelajaran IPAS kelas IV SDN 35 Ampenan. Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran IPAS yang cenderung bersifat satu arah dan kurang melibatkan siswa secara langsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experimental design), melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran IOC dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa angket keaktifan siswa yang terdiri atas delapan indikator. Teknik analisis data menggunakan uji Paired Sample T-Test dan Independent Sample T-Test dengan bantuan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata keaktifan siswa pada kelas eksperimen dari 60,39 menjadi 80,36. Sementara itu, pada kelas kontrol hanya meningkat dari 60,38 menjadi 69,54. Hasil uji Independent Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keaktifan siswa dalam mata pelajaran IPAS. Model ini dapat dijadikan sebagai salah satu strategi pembelajaran aktif yang mampu meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan belajar di kelas.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSINTAYANA, MUHARDINInidn0810018901
Thesis advisorSUKRON, FUJIATURRAHMANnidn0827079002
Uncontrolled Keywords: Inside Outside Circle, Keaktifan Siswa, IPAS
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Heni Kurniawati
Date Deposited: 04 Sep 2025 02:52
Last Modified: 04 Sep 2025 02:52
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12537

Actions (login required)

View Item View Item