PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V SDN 1 DASAN BARU TAHUN AJARAN 2024/2025

AHMAD, EDWIN RAMDANI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V SDN 1 DASAN BARU TAHUN AJARAN 2024/2025. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CEK_Ahmad Edwin Ramdani 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V SDN 1 Dasan Baru tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 29 siswa. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kreatif yang mencakup indikator fluency, flexibility, originality, dan elaboration. Analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, serta uji Independen Sample Test dengan bantuan program SPSS versi 30.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil pre-test dan post-test pada kelas eksperimen yang menggunakan model Discovery Learning berbantuan media audio visual dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model Direct Learning. Hal ini dibuktikan dari hasil uji Independen Sample Test dengan nilai sig 0,047 < 0,05 yang berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning berbantuan media audio visual berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNANANG, RAHMANnidn0824038702
Thesis advisorSYAFRUDDIN, MUHDARnidn0813078701
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, media audio visual, berpikir kreatif.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Ahmad Edwin Ramdani
Date Deposited: 02 Sep 2025 07:24
Last Modified: 02 Sep 2025 07:24
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12503

Actions (login required)

View Item View Item