PENGARUH MEDIA CANVA TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN PPKN DI MTS NW SEPIT LOMBOK TIMUR

JOHARIS, AFANDAR (2025) PENGARUH MEDIA CANVA TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN PPKN DI MTS NW SEPIT LOMBOK TIMUR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Semangat belajar siswa menjadi indikator yang signifikan dalam menunjang prestasi siswa namun dalam kenyataannya Pembelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan di Mts NW Sepit Lombok Timur saat ini masih menghadapi berbagai tantangan dan rintangan diantaranya keterbatasan Penggunaan Media Pembelajaran yang Variatif, Rendahnya Motivasi dan Semangat Belajar Siswa, Keterbatasan Pengetahuan Guru dalam Menggunakan Media Digital, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Canva terhadap peningkatan semangat belajar siswa dalam pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di MTS NW Sepit Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen, di mana sampel terdiri dari 30 siswa kelas VIII B yang diberi perlakuan pembelajaran menggunakan media Canva. Data dikumpulkan melalui instrumen yang valid dan dianalisis menggunakan statistik untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara penggunaan media Canva terhadap peningkatan semangat belajar siswa, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,05). Nilai R Square sebesar 0,538 mengindikasikan bahwa media Canva memberikan kontribusi sebesar 53,8% terhadap peningkatan semangat belajar siswa, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Kesimpulannya, penggunaan media Canva terbukti efektif dalam menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan menyenangkan, sehingga dapat memotivasi siswa untuk lebih aktif dan meningkatkan semangat belajar mereka dalam pelajaran PPKn. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi guru untuk memanfaatkan media Canva sebagai alat bantu pembelajaran guna meningkatkan kualitas dan semangat belajar siswa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHAFSAH, HAFSAHnip1969060520007012037
Thesis advisorABDUL, SAKBANnidn0824048404
Uncontrolled Keywords: Media Canva, Semangat Belajar Siswa, Pelajaran PPKn.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Joharis Afandar
Date Deposited: 02 Sep 2025 07:44
Last Modified: 02 Sep 2025 07:44
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12497

Actions (login required)

View Item View Item