PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTs DAKWAH ISLAMIYAH PUTRA NURUL HAKIM LOMBOK BARAT

HADIS, MUKHTAR (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MTs DAKWAH ISLAMIYAH PUTRA NURUL HAKIM LOMBOK BARAT. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis digital terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas VIII MTs Dakwah Islamiyah Putra Nurul Hakim Lombok Barat. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya motivasi belajar siswa yang dipengaruhi oleh kurangnya variasi dalam metode dan media pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain pretest-posttest one group design. Sampel penelitian berjumlah 25 siswa yang dipilih dari total populasi sebanyak 144 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling sesuai teori Arikunto. Instrumen yang digunakan adalah pernyataan pretest dan posttest untuk mengukur tingkat motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan berupa media pembelajaran berbasis digital. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan untuk memastikan kualitas instrumen. Data dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sample t-test, dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Uji paired sample t-test memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05) yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara motivasi belajar sebelum dan sesudah penggunaan media digital. Hasil uji regresi menunjukkan nilai R Square sebesar 0,264, yang berarti media pembelajaran digital memberikan pengaruh sebesar 26,4% terhadap motivasi belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis digital berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Hipotesis alternatif (H₁) diterima dan hipotesis nol (H₀) ditolak. Meskipun demikian, pengaruh tersebut bukan satu-satunya faktor, karena terdapat 73,6% pengaruh lainnya berasal dari faktor eksternal dan internal siswa yang perlu mendapat perhatian lebih lanjut.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSRI, REJEKInip196612101993032002
Thesis advisorZEDI, MUTTAQINnidn0821128402
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Digital, Motivasi Belajar, PPKn.
Subjects: 200 Agama > 207.5 Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Hadis Mukhtar
Date Deposited: 03 Sep 2025 06:19
Last Modified: 03 Sep 2025 06:19
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12478

Actions (login required)

View Item View Item