PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMAN 1 GUNUNGSARI LOMBOK BARAT

TANTOWI, YAHYA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMAN 1 GUNUNGSARI LOMBOK BARAT. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan studi ini guna melihat pengaruh penerapan model pembelajaran interaktif pada motivasi belajar siswa di SMAN 1 Gunungsari Lombok Barat. Permasalahan utama yang melatarbelakangi studi ini yakni rendahnya motivasi belajar siswa ketika mengikuti pembelajaran konvensional yang cenderung monoton. Jenis riset dipakai pada studi ini yakni quasi experiment dengan desain pretest-posttest control group. Subjek studi meliputi dua kelas, yakni kelas eksperimen yang diberi perlakuannya berupa model pembelajaran interaktif serta kelas kontrol yang tetap memakai metodologi konvensional. Temuan studi ini memperlihatkan ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-ratanya skor posttest motivasi belajar kelas eksperimen meraih 89,43 dengan standar deviasi 16,86, sedangkan kelas kontrol mendapat rata-ratanya 75,2 dengan standar deviasi 4,14. Uji Independent Sample t-Test mendapat signifikansinya 0,000 (< 0,05), ini bisa dikatakan ada pengaruhnya signifikan model pembelajaran interaktif pada motivasi belajar siswa. Sementara itu, uji normalitas serta homogenitas memperlihatkan data terdistribusi normal serta homogen, hingga uji hipotesa bisa dilaksanakan secara tepat. Melihat temuan tersebut, bisa dibuat simpulan pembelajaran interaktif lebih efektif daripada metodologi konvensional dalam meningkatkanyan motivasi belajar siswa. Penerapan model ini mendorong siswa supaya aktif, berpartisipasi, serta termotivasi saat prosesnya belajar mengajar. Dengan demikian, model pembelajaran interaktif layak dijadikan sebagai alternatif model pembelajarannya.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSRI, REJEKInip196612101993032002
Thesis advisorZEDI, MUTTAQINnidn0821128401
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Interaktif, Motivasi Belajar, Siswa, Pendidikan, Eksperimen, Kontrol
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Tantowi Yahya
Date Deposited: 02 Sep 2025 05:37
Last Modified: 02 Sep 2025 05:37
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12451

Actions (login required)

View Item View Item