EFEKTIVITAS PELAYANAN KESEHATAN DI RSUD BIMA: ANALISIS KRITIS TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT

TRI, UTAMI WIDYASTUTI (2025) EFEKTIVITAS PELAYANAN KESEHATAN DI RSUD BIMA: ANALISIS KRITIS TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan kesehatan yang efektif dan berkualitas merupakan komponen esensial dalam menjamin kesejahteraan masyarakat. RSUD Bima memiliki peran dalam menyediakan layanan medis dasar yang terjangkau dan merata. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pelayanan kesehatan di RSUD Bima serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan masyarakat sebagai indikator kualitas pelayanan publik. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis menggunakan kerangka New Public Service yang mencakup enam indikator: partisipasi masyarakat, transparansi dan aksesibilitas, akuntabilitas, kualitas pelayanan, kepuasan masyarakat, serta kerja sama. Hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) RSUD Bima Triwulan I Tahun 2025 menunjukkan bahwa kepuasan masyarakat dalam kategori “Baik”. Namun, masih ditemukan beberapa kendala, seperti lamanya waktu tunggu, keterbatasan fasilitas, dan kualitas layanan yang tidak merata antarunit. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan sarana prasarana, pelatihan sumber daya manusia, serta penguatan kolaborasi lintas unit dan instansi. Dengan demikian, pelayanan publik yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat dapat tercapai secara optimal

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRossi, Maunofa Widayatnidn0825118501
Thesis advisorAsfarony, Hendra Nazwinnidn0804079401
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pelayanan Kesehatan, Kepuasan masyarakat
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 351 Administrasi Publik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Publik > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Tri Utami Widyastuti
Date Deposited: 10 Sep 2025 07:21
Last Modified: 10 Sep 2025 07:21
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12431

Actions (login required)

View Item View Item