MANAJEMEN LAYANAN PERPUSTAKAAN BERBASIS DIGITAL STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN LOMBOK TENGAH

M., MUHIBBULLAH ASSYA’BANI (2025) MANAJEMEN LAYANAN PERPUSTAKAAN BERBASIS DIGITAL STUDI KASUS DI PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN LOMBOK TENGAH. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perpustakaan digital ialah sebuah konsep baru dalam pengelolaan perpustakaan yang mana mulai bermigrasi dari proses layanan manual menggunakan buku menjadi digital tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan layanan perpustakaan digital di Perpustakaan Dinas dan kearsipan Kabupaten Lombok Tengah beserta kendalanya. Jenis penelitian ni merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi dengan tahapan analisis data reduksi data, penyajian data dan Penarikan kesimpulan, Hasil yang diperoleh adalah Perpustakaan daerah kabupaten lombok tengah telah melaksanakan pengembangan layanan digital melalui penambahan koleksi e-book, pembaruan aplikasi, dan peningkatan akses website. Kemudian secara aktif mendorong staf mengikuti pelatihan teknologi dengan mengikuti Bimtek. dan dilakukan monitoring kinerja staf dan sistem layanan digital dengan pengumpulan umpan balik dari pengguna, pemantauan aplikasi oleh tim IT. Kendala yang dihadapi adalah keterbatasan akses masyarakat di daerah pedesaan terhadap jaringan internet yang stabil, Masyarakat yang tinggal di wilayah pedesaan umumnya mengalami hambatan teknis seperti sinyal internet yang lemah atau tidak merata serta rendahnya kapasitas SDM dalam memanfaatkan teknologi digital. Dampak dari penerapan layanan perpustakaan digital memudahkan Masyarakat untuk mengakses koleksi perpustakaan tanpa harus datang langsung ke lokasi. Dari hasil tersebut dibutuhkan saran yakni Penguatan Perencanaan Strategis dengan menyusun rencana jangka pendek dan jangka panjang yang lebih terarah. Kemudian Pengembangan Kompetensi SDM secara rutin memberikan pelatihan dan bimbingan teknis kepada seluruh staf

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAMIN, SALEHnidn0831128310
Thesis advisorRIDWAN, RIDWANnidn0808119103
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan, Layanan Perpustakaan, Perpustakaan Digital
Subjects: 000 Karya Umum > 020 Ilmu Perpustakaan & Informasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Perpustakaan dan Sains Informasi > Tugas Akhir
Depositing User: M. Muhibullah Assya'bani
Date Deposited: 02 Sep 2025 03:36
Last Modified: 02 Sep 2025 03:36
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12428

Actions (login required)

View Item View Item