PENGARUH MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DI SMPN 2 LABU API

ST, HADIJAH (2025) PENGARUH MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DI SMPN 2 LABU API. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMP Negeri 2 Labuapi. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran PPKn yang cenderung dianggap membosankan, serta metode pembelajaran yang masih dominan menggunakan ceramah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-eksperimental yang melibatkan dua kelas, yaitu kelas VIIA sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelompok kontrol. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket motivasi belajar yang terdiri dari 15 butir pertanyaan. Untuk memastikan kualitas instrumen, dilakukan uji validitas dan reliabilitas terhadap setiap item pernyataan. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan serangkaian uji statistik, antara lain uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk, uji homogenitas, dan uji regresi linear berganda untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media gambar terhadap motivasi belajar siswa. Selain itu, dilakukan uji independent sample t-test untuk melihat peningkatan motivasi belajar siswa antara kelompok eksperimen yang menggunakan media gambar dan kelompok kontrol yang tidak memperoleh perlakuan serupa. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan media gambar memberikan kontribusi sebesar 48,2% terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Ini menunjukkan bahwa hampir setengah variasi dalam motivasi belajar dapat dijelaskan oleh penggunaan media gambar dalam pembelajaran. Selain itu, hasil uji-t independen menunjukkan nilai thitung sebesar 21,169 dengan signifikansi 0,000, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Temuan ini menegaskan bahwa media gambar efektif meningkatkan motivasi belajar siswa secara nyata.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorCANDRA, CANDRAnidn0810058503
Thesis advisorALIAHARDI, WINATAnidn0814098601
Uncontrolled Keywords: Media Gambar, Motivasi Belajar, PPKn
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: ST Hadijah
Date Deposited: 01 Sep 2025 06:07
Last Modified: 01 Sep 2025 06:07
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12403

Actions (login required)

View Item View Item