IMPLEMENTASI METODE DEBAT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 5 MATARAM

RATNAH, JUWITA (2025) IMPLEMENTASI METODE DEBAT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 5 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berdasarkan fenomena yang melatarbelakangi adanya sejumlah faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa. Antara lain penggunaan media dan metode pembelajaran konvensional sehingga tidak dapat membantu siswa dalam memahami materi yang disampaikan. Sebagaimana yang selama ini dilakukan di kelas X Grafika di sekolah tepatnya di SMKN 5 Mataram. Pembelajaran dikelas membutuhkan metode pembelajaran yan berpusat pada siswa. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan metode pembelajaran debat yang dimana siswa dapat bekerja secara aktif dalam mengemukakan dan mengeluarkan pendapat,gagasan serta ide-ide yang dimiliki. Penelitian bertujuan untuk menjelaskan bagaimana proses penggunaan metode debat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dikelas X Grafika SMKN 5 Mataram, dan kemudian mendeskripsikan faktor penghambat penerapan atau pengimplementasian metode debat terhadap motivasi belajar siswa dan mengetahui masalah yang muncul selama penerapan metode debat dikelas terhadap motivasi belajar siswa di kelas X Grafika SMKN 5 Mataram Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data meliputi sumber data primer, sekunder, dan tersier. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) implementasi atau penerapan metode debat mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Siswa menjadi lebih aktif dan bersemangat serta rasa keingintahuan lebih besar ketika ketika proses pembelajaran berlangsung. (2) faktor penghambat penerapan metode debat terhadap motivasi belajar dalah faktor keterbatasan waktu, kurangnya bahan referensi serta karakarter siswa yang berbeda-beda. (3) Solusi yang ditawarkan disini yaitu, sebelum penerapan metode debat dikelas guru diharapkan menyiapkan rangkaiannya seminggu sebelum metode debat diterapkan, kemudian yang kedua guru diharapkan memberi kebabasan kepada siswa untuk bebas mengakses materi dari internet kemudian yang ketiga terkait karakter siswa disini guru dituntut untuk lebih sabar lagi dalam menghadapi siswa .

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHAFSAH, HAFSAHnip196906052007012037
Thesis advisorISNAINI, ISNAINInidn0804048501
Uncontrolled Keywords: Metode Debat, Motivasi Belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Ratna Juwita
Date Deposited: 02 Sep 2025 03:08
Last Modified: 02 Sep 2025 03:08
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12386

Actions (login required)

View Item View Item