PERAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MEMBENTUK NILAI-NILAI PANCASILA PADA SISWA MTS AS-SAI’DIYAH NW DI DESA TEMPOS KECAMATAN GERUNG KABUPATEN LOMBOK BARAT

NURUL, WASIAH (2025) PERAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MEMBENTUK NILAI-NILAI PANCASILA PADA SISWA MTS AS-SAI’DIYAH NW DI DESA TEMPOS KECAMATAN GERUNG KABUPATEN LOMBOK BARAT. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menganalisis secara mendalam peran pendidikan multikultural dalam membentuk nilai-nilai Pancasila pada siswa MTs As-Sa’idiyah NW di Desa Tempos, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat. Fokus utama penelitian diarahkan pada tiga aspek, yaitu: peran pendidikan multikultural dalam membentuk nilai-nilai Pancasila, implementasi pendidikan multikultural dalam kehidupan sekolah, serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaannya di lingkungan madrasah. Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui proses wawancara mendalam, observasi partisipatif, serta dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif melalui tahapan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Informan utama mencakup kepala madrasah, guru, dan siswa, yang dipilih secara purposif agar diperoleh data yang sesuai dengan kebutuhan penelitian dan bersifat mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan multikultural berperan secara signifikan dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila pada siswa. Nilai-nilai seperti toleransi, persatuan, keadilan social dan musyawarah ditanamkan tidak hanya melalui kegiatan pembelajaran, tetapi juga melalui budaya sekolah dan keteladanan seluruh warga madrasah. Implementasi pendidikan multikultural dilakukan secara sistematis dan menyeluruh, baik dalam kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler, dengan menekankan pentingnya pembiasaan, pengalaman sosial dan interaksi antarindividu yang beragam. Temuan juga menunjukkan adanya dukungan kuat dari kepala madrasah dan guru dalam membangun lingkungan belajar yang inklusif

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHAFSAH, HAFSAHnip196906052007012037
Thesis advisorZEDI, MUTTAQINnidn0821128402
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Multikultural, Nilai-Nilai Pancasila, Karakter Siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nurul Wasiah
Date Deposited: 01 Sep 2025 07:37
Last Modified: 01 Sep 2025 07:37
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12379

Actions (login required)

View Item View Item