NURUL, WASIAH (2025) PERAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM MEMBENTUK NILAI-NILAI PANCASILA PADA SISWA MTS AS-SAI’DIYAH NW DI DESA TEMPOS KECAMATAN GERUNG KABUPATEN LOMBOK BARAT. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHEK.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menganalisis secara mendalam peran pendidikan multikultural dalam membentuk nilai-nilai Pancasila pada siswa MTs As-Sa’idiyah NW di Desa Tempos, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat. Fokus utama penelitian diarahkan pada tiga aspek, yaitu: peran pendidikan multikultural dalam membentuk nilai-nilai Pancasila, implementasi pendidikan multikultural dalam kehidupan sekolah, serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaannya di lingkungan madrasah. Dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui proses wawancara mendalam, observasi partisipatif, serta dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif melalui tahapan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Informan utama mencakup kepala madrasah, guru, dan siswa, yang dipilih secara purposif agar diperoleh data yang sesuai dengan kebutuhan penelitian dan bersifat mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan multikultural berperan secara signifikan dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila pada siswa. Nilai-nilai seperti toleransi, persatuan, keadilan social dan musyawarah ditanamkan tidak hanya melalui kegiatan pembelajaran, tetapi juga melalui budaya sekolah dan keteladanan seluruh warga madrasah. Implementasi pendidikan multikultural dilakukan secara sistematis dan menyeluruh, baik dalam kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler, dengan menekankan pentingnya pembiasaan, pengalaman sosial dan interaksi antarindividu yang beragam. Temuan juga menunjukkan adanya dukungan kuat dari kepala madrasah dan guru dalam membangun lingkungan belajar yang inklusif
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Multikultural, Nilai-Nilai Pancasila, Karakter Siswa | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Nurul Wasiah | |||||||||
Date Deposited: | 01 Sep 2025 07:37 | |||||||||
Last Modified: | 01 Sep 2025 07:37 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12379 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |