EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN ESTAFET BILANGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN 1 SIKUR SELATAN

RAFENA, MELINDA (2025) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN ESTAFET BILANGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SDN 1 SIKUR SELATAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Banyak siswa sekolah dasar mengalami kesulitan memahami konsep matematika dasar karena metode pembelajaran yang masih bersifat pasif dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Di SDN 1 Sikur Selatan, hasil observasi menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa kelas II pada materi operasi bilangan. Metode estafet bilangan sebagai pendekatan berbasis permainan dinilai mampu meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan pemahaman siswa melalui kegiatan yang menyenangkan dan kolaboratif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas metode estafet bilangan dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa, serta membandingkannya dengan metode problem based learning yang umum digunakan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi untuk menguji efektivitas pembelajaran berbasis permainan estafet bilangan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SDN 1 Sikur Selatan, dengan populasi 59 siswa dan teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil menunjukan bahwa instrumen penelitian dinyatakan valid dan reliabel dengan nilai r hitung > r tabel dan Cronbach's Alpha sebesar 0,987. Data hasil belajar memenuhi asumsi normalitas dan homogenitas dengan nilai signifikansi > 0,05 pada uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis menggunakan Independent Samples t-test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan t hitung 30,178 > t tabel 1,697, sehingga H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Dengan demikian, terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar matematika siswa kelompok eksperimen dan kontrol, di mana kelompok eksperimen menunjukkan hasil yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorABDILLAH, ABDILLAHnidn0806068101
Thesis advisorYUNI, MARIYATInidn0806068802
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Permainan Estafet Bilangan, Hasil Belajar Matematika.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Rafena Melinda
Date Deposited: 01 Sep 2025 07:01
Last Modified: 01 Sep 2025 07:01
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12376

Actions (login required)

View Item View Item