NURWATI, NURWATI (2020) PERAN KOMITE SEKOLAH UNTUK MENGEMBANGKAN MUTU PENDIDIKAN SEKALIGUSKEBIJAKAN DALAM PERATURAN SEKOLAH DI SMPN 1 MBELILING. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
Cover-Bab III_Nurwati_NIM 116130009_PPKn.pdf Download (1MB) |
|
Text
Bab IV_Nurwati_NIM 116130009_PPKn.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) | Request a copy |
|
Text
Bab V-Lampiran_Nurwati_NIM 116130009_PPKn.pdf Download (2MB) |
Abstract
Persoalan mutu Pendidikan masih belum mengembirakan belakangan ini dikarenakan dengan pengelolaan pendidikan yang belum efisien, demokratis, berkeadilan serta partisipatif. Hal ini terjadi karena pengelolaan pendidikan pada tingkat pemerintah daerah dan satuan pendidikan yang sepenunya belum terwujud. Komite sekolah mempunyai peran penting dalam mengembangkan mutu pendidikan di Sekolah, keberadaan Komite Sekolah merupakan bagian dari perwujudan manejemen berbasis Sekolah yang melibatkan berbagai komponen, termasuk masyarakat dan wali murid. Dilihat dari rumusan masalah yakni (1) Peran Komite Sekolah dalam mengembangkan mutu Pendidikan di SMPN 1 Mbeliling Kecamatan Mbeliling Kabupaten Manggarai Barat NTT, (2) faktor penghambat Komite Sekolah dalam mengembangkan mutu Pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah Ketua Komite Sekolah, Kepala Sekolah dan anggota Komite Sekolah. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) peran Komite Sekolah dalam mengembangkan mutu Pendidikan di SMPN1 Mbeliling adalah: (a) peran Komite Sekolah sebagai pertimbangan terhadap penyediaan dan penggunaan sarana dan prasarana yang di butuhkan oleh sekolah, (b) sebagai pengontrol terhadap proses proes pengambilan keputusan sekolah, (c) sebagai mediator untuk mewujudkan berupa penghubung antara kepaala sekolah dengan masyarakat dalam membuata ulasan kebijakan dan beberapa program pendidikan, (2) faktor penghambat komite sekolah dalam mengembangkan mutu pendidikan adalah: (a) kurangnya bekerja sama antara antara pihak sekolah, masyarakat untuk meningkatkan mutu pendidikan, (b) terbatasan SDM dan partisipasi dari masyarakat dalam mengembangkan mutu pendidikan di sekolah. Kata Kunci: Peran Komite Sekolah, Mutu Pendidikan
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Komite Sekolah, Mutu Pendidikan | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan | |||||||||
Depositing User: | Bahaudin Bahaudin | |||||||||
Date Deposited: | 15 Sep 2020 03:25 | |||||||||
Last Modified: | 15 Sep 2020 03:25 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1237 |
Actions (login required)
View Item |