ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK SRIWIJAYA KOTA MATARAM

NADIA, DESIKA PUTRI (2025) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK SRIWIJAYA KOTA MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Apotek adalah sarana pelayanan kefarmasian tempat dilakukan praktik kefarmasian oleh Apoteker. Pelayanan kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Kualitas pelayanan yang diberikan akan berdampak pada tingkat kepuasan pasien. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Sriwijaya Kota Mataram ditinjau dari GAP (kesenjangan) antara layanan yang dialami (kepuasan) dan layanan yang diharapkan (harapan) yang dinilai berdasarkan dimensi servqual. Jenis penelitian observasional deskriptif dengan desain cross-sectional. Cara pengambilan sampel dengan metode non probability sampling dengan teknik accidental sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 65 responden. Metode analisis data analisis deskriptif dan gap analisis dengan menggunakan program Microsoft Excel dan SPSS IBM 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan pasien merasa puas terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Sriwijaya Kota Mataram, dengan nilai rata – rata GAP sebesar 0,0020. Kepuasan ini dipengaruhi oleh dimensi kehandalan (reliability) dan sarana fisik (tangible), yang menunjukkan nilai GAP positif. Meskipun ada beberapa aspek yang perlu ditingkatkan yaitu dimensi ketanggapan (resvonsiveness), jaminan (assurance), dan keramahan (empathy) yang mendapat nilai GAP negatif. Selain itu, ditemukan adanya hubungan antara kepuasan dan harapan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Sriwijaya Kota Mataram, dengan nilai signifikasi sebesar 0,00 (<0,05).

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNUR, FURQANInidn0814118801
Thesis advisorBAIQ, LENISYA PUSPITA ANJANInidn0826109402
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Kefarmasian, Kepuasan Pasien, Apotek, Servqual, Analisis Gap
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 613 Ilmu Kesehatan Umum, Kesehatan Individu, Promosi Kesehatan, Higienis Umum > 613.6 Topik-topik Khusus tentang Kesehatan dan Keselamatan
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Farmasi
Depositing User: Nadia Desika Putri
Date Deposited: 01 Sep 2025 02:42
Last Modified: 01 Sep 2025 02:42
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12369

Actions (login required)

View Item View Item