NADIA, DESIKA PUTRI (2025) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK SRIWIJAYA KOTA MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHEK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Apotek adalah sarana pelayanan kefarmasian tempat dilakukan praktik kefarmasian oleh Apoteker. Pelayanan kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Kualitas pelayanan yang diberikan akan berdampak pada tingkat kepuasan pasien. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Sriwijaya Kota Mataram ditinjau dari GAP (kesenjangan) antara layanan yang dialami (kepuasan) dan layanan yang diharapkan (harapan) yang dinilai berdasarkan dimensi servqual. Jenis penelitian observasional deskriptif dengan desain cross-sectional. Cara pengambilan sampel dengan metode non probability sampling dengan teknik accidental sampling. Sampel yang diperoleh sebanyak 65 responden. Metode analisis data analisis deskriptif dan gap analisis dengan menggunakan program Microsoft Excel dan SPSS IBM 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan pasien merasa puas terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Sriwijaya Kota Mataram, dengan nilai rata – rata GAP sebesar 0,0020. Kepuasan ini dipengaruhi oleh dimensi kehandalan (reliability) dan sarana fisik (tangible), yang menunjukkan nilai GAP positif. Meskipun ada beberapa aspek yang perlu ditingkatkan yaitu dimensi ketanggapan (resvonsiveness), jaminan (assurance), dan keramahan (empathy) yang mendapat nilai GAP negatif. Selain itu, ditemukan adanya hubungan antara kepuasan dan harapan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Sriwijaya Kota Mataram, dengan nilai signifikasi sebesar 0,00 (<0,05).
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Kefarmasian, Kepuasan Pasien, Apotek, Servqual, Analisis Gap | |||||||||
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 613 Ilmu Kesehatan Umum, Kesehatan Individu, Promosi Kesehatan, Higienis Umum > 613.6 Topik-topik Khusus tentang Kesehatan dan Keselamatan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Farmasi | |||||||||
Depositing User: | Nadia Desika Putri | |||||||||
Date Deposited: | 01 Sep 2025 02:42 | |||||||||
Last Modified: | 01 Sep 2025 02:42 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12369 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |