PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PEERTEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 9 MATARAM

AYU, KOMALASARI (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PEERTEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 9 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan berperan penting dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas, termasuk melalui pembelajaran PPKn di tingkat SMP yang menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan karakter. Namun, di SMP Negeri 9 Mataram, pembelajaran PPKn masih kurang efektif karena dominasi metode ceramah yang membuat siswa pasif. Untuk mengatasi hal tersebut, diterapkan model Peer Teaching sebagai alternatif inovatif yang mendorong siswa untuk saling belajar dan mengajar guna meningkatkan partisipasi, pemahaman, dan keterampilan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model Peer Teaching pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar, observasi. Analisis data dilakukan uji prasyarat dengan uji normalitas Shapiro-Wilk, kemudian dilanjutkan dengan uji statistik menggunakan paired sample t-test untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran peer teaching secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Rata-rata skor sebelum pembelajaran sebesar 37,23 meningkat menjadi 78,23 setelah penerapan model ini, dengan selisih 41 poin dan nilai signifikansi 0,000 berdasarkan uji paired sample t-test. Temuan ini menunjukkan bahwa peer teaching efektif dalam mendorong partisipasi aktif, kolaborasi, dan pemahaman mendalam siswa dalam pembelajaran PPKn.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorCANDRA, CANDRAnidn0810058503
Thesis advisorZEDI, MUTTAQINnidn0821128402
Uncontrolled Keywords: Peerteaching, Hasil belajar, PPKn
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Ayu Komalasari
Date Deposited: 01 Sep 2025 02:34
Last Modified: 01 Sep 2025 02:34
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12362

Actions (login required)

View Item View Item