EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS TPACK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

DEWI, ZAHRANI (2025) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS TPACK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar matematika sangat penting dalam suatu proses belajar dan mengajar karena dapat mengukur perubahan kemampuan aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik yang dicapai atau dikuasai oleh siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan dari penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis TPACK Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn Pada Pembelajaran Matematika. Metode penelitian adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen kuasi, sampel yang digunakan sebanyak 47 siswa terdiri dari kelas IV-A 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan IV-B 21 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, lembar soal dan lembar dokumentasi. Metode analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji Independent sample t-test atau uji t pada program IBM SPSS versi 30 for windows. Hasil penelitian Uji Independent Sample T-Test menunjukkan angka yang signifikan antara nilai post-test kontrol dengan post-test eksperimen dengan nilai signifikansi 2-tailed (Two-Sidded p) = 0,000<0,05, maka Hipotesis Nol (H0) pada penelitian ini di tolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima, di mana terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua test. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis TPACK memiliki pengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn Pada Pembelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorINTAN, DWI HASTUTInidn0823078802
Thesis advisorABDILLAH, ABDILLAHnidn0824048301
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL) Berbasis TPACK, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 375 Kurikulum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Dewi Zahrani
Date Deposited: 02 Sep 2025 02:25
Last Modified: 02 Sep 2025 02:25
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12356

Actions (login required)

View Item View Item