ANIATI, ANIATI (2025) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS III SDN 1 PIONG. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan membaca pemahaman merupakan salah satu keterampilan penting dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Namun, berdasarkan observasi awal di SDN 1 Piong, ditemukan bahwa siswa kelas III masih mengalami kesulitan dalam memahami isi bacaan secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca pemahaman siswa, dengan fokus pada faktor internal dan eksternal serta peran faktor kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru kelas III, dan siswa. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman, melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa dipengaruhi oleh dua faktor utama. Pertama, faktor internal yang meliputi minat membaca, motivasi belajar, penguasaan kosakata, serta kepercayaan diri siswa. Kedua, faktor eksternal yang mencakup metode pembelajaran guru yang masih konvensional, minimnya media dan bahan ajar yang menarik, serta lingkungan belajar yang kurang mendukung baik di sekolah maupun di rumah. Selain itu, faktor kognitif seperti daya ingat, kemampuan berpikir analitis, dan keterampilan memahami struktur bahasa juga turut berpengaruh terhadap keberhasilan pemahaman membaca.Dengan demikian, diperlukan kerja sama antara guru, sekolah, dan orang tua untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, menerapkan strategi pembelajaran yang bervariasi, serta membangun motivasi dan kebiasaan membaca yang positif sejak dini agar kemampuan membaca pemahaman siswa dapat berkembang secara optimal.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Membaca Pemahaman, Siswa Sekolah Dasar. | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Aniati Aniati | |||||||||
Date Deposited: | 01 Sep 2025 05:46 | |||||||||
Last Modified: | 01 Sep 2025 05:46 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12355 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |