ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS DONGENG SISWA KELAS IV BERBASIS MEDIA GAMBAR BERSERI DI SDN WAE LANGKA

SULISTRI, SULISTRI (2025) ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS DONGENG SISWA KELAS IV BERBASIS MEDIA GAMBAR BERSERI DI SDN WAE LANGKA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai seberapa efektif penggunaan media bergambar berurutan dalam mengenhance kemampuan menulis cerita di kalangan siswa kelas IV di SD Negeri Wae Langka, Nusa Tenggara Timur. Alasan dilakukannya penelitian ini adalah akibat dari rendahnya kemampuan menulis siswa yang diakibatkan oleh metode pembelajaran tradisional yang cenderung monoton. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, s, dan pengumpulan dokumen. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media bergambar berurutan dapat secara signifikan memperbaiki kemampuan menulis siswa. Pengamatan selama enam sesi pertemuan menandakan adanya peningkatan dalam minat dan keterlibatan siswa dalam kegiatan menulis. Hasil wawancara dengan guru dan siswa menunjukkan bahwa media ini berperan dalam membantu siswa mengembangkan gagasan dan menyusun alur cerita dengan lebih efektif. Hasil dari tes menunjukkan bahwa rata-rata nilai siswa meningkat dari 60 menjadi 81,3 setelah penerapan media bergambar berurutan, dengan distribusi nilai yang lebih merata. Kesimpulan dari studi ini adalah bahwa media bergambar berurutan sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis cerita siswa, baik dalam hal struktur narasi, pengembangan karakter, maupun kreativitas. Penelitian ini menyarankan agar media bergambar berurutan dapat digunakan secara teratur dalam proses pembelajaran menulis untuk meningkatkan pencapaian belajar siswa serta mendorong partisipasi aktif dalam kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSINTAYANA, MUHARDINInidn0810018901
Thesis advisorNURSINA, SARInidn0825059102
Uncontrolled Keywords: Media Bergambar Berurutan, Kemampuan Menulis, Cerita, Siswa Kelas IV, Pendidikan.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Sulistri Sulistri
Date Deposited: 01 Sep 2025 06:43
Last Modified: 01 Sep 2025 06:43
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12348

Actions (login required)

View Item View Item