PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI AGEN SOSIALISASI POLITIK DALAM PEMBENTUKAN PEMIKIRAN KRITIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 WERA

ROSFIKA, ROSFIKA (2025) PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI AGEN SOSIALISASI POLITIK DALAM PEMBENTUKAN PEMIKIRAN KRITIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 WERA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam membentuk pemikiran kritis siswa sejak dini, khususnya dalam konteks sosialisasi politik di lingkungan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru PPKn dalam membentuk pemikiran kritis siswa kelas VII, bagaimana guru berperan sebagai agen sosialisasi politik, serta apa saja faktor-faktor yang memengaruhinya di SMP Negeri 2 Wera. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PPKn tidak hanya menyampaikan materi secara teoritis, tetapi juga menerapkan metode pembelajaran dialogis dan kontekstual melalui diskusi, studi kasus, serta analisis isu sosial dan politik. Guru juga berperan sebagai agen sosialisasi politik dengan menanamkan nilai-nilai demokrasi, kesadaran berbangsa dan bernegara, serta membimbing siswa dalam memahami sistem politik secara sederhana. Faktor-faktor yang memengaruhi peran guru dalam pembentukan pemikiran kritis meliputi kompetensi guru, dukungan kepala sekolah, antusiasme siswa, dukungan keluarga, dan ketersediaan sarana pendidikan. Oleh karena itu, optimalisasi peran guru PPKn perlu didukung oleh semua pihak agar pembelajaran PPKn benar-benar membentuk generasi yang berpikir kritis dan berwawasan kebangsaan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHAFSAH, HAFSAHnip196906052007012037
Thesis advisorABDUL, SAKBANnidn0824048404
Uncontrolled Keywords: Guru, Pemikiran Kritis, Sosialisasi Politik, Siswa.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Rosfika Rosfika
Date Deposited: 02 Sep 2025 03:02
Last Modified: 02 Sep 2025 03:02
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12335

Actions (login required)

View Item View Item