PENERAPAN REFORMASI BIROKRASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KESEHATAN KOTA MATARAM

NURMAYA, NURMAYA (2025) PENERAPAN REFORMASI BIROKRASI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KESEHATAN KOTA MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan pelayanan publik di sektor kesehatan Kota Mataram, yang masih menghadapi tantangan seperti lambannya proses birokrasi, prosedur yang rumit, serta keterbatasan profesionalisme aparatur dalam memberikan layanan kepada masyarakat. Reformasi birokrasi merupakan instrumen penting untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan, dan akuntabel serta berorientasi pada peningkatan kualitas pelayanan publik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana reformasi birokrasi dilaksanakan di Dinas Kesehatan Kota Mataram serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh melalui observasi lapangan, wawancara mendalam dengan pegawai dan penerima layanan, serta dokumentasi kebijakan dan program terkait. Analisis dilakukan dengan merujuk pada delapan area perubahan reformasi birokrasi berdasarkan Peraturan Menteri PAN-RB No. 3 Tahun 2023, serta lima indikator kualitas pelayanan publik menurut teori Servqual Parasuraman: berwujud tangible, reliability,responsiveness, assurance, dan empathy. Upaya perbaikan dilakukan melalui penyempurnaan standar operasional prosedur, pelatihan dan pengembangan kompetensi pegawai, serta penyediaan saluran pengaduan berbasis digital. Namun, pelaksanaan reformasi birokrasi masih menghadapi kendala, di antaranya keterbatasan sumber daya manusia yang kompeten, adanya resistensi dari sebagian aparatur terhadap perubahan, serta keterbatasan anggaran dan sarana pendukung. Di sisi lain, faktor pendukung yang mendorong keberhasilan reformasi mencakup komitmen kepemimpinan, dukungan regulasi dari pemerintah pusat, serta meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap hak atas pelayanan kesehatan yang berkualitas.Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan reformasi birokrasi di sektor kesehatan membutuhkan penguatan kapasitas aparatur, penerapan sistem kerja yang lebih transparan dan akuntabel, serta pemanfaatan teknologi informasi secara optimal. Dengan langkah-langkah tersebut, pelayanan publik di Dinas Kesehatan Kota Mataram diharapkan menjadi lebih efektif, efisien, responsif, dan mampu meningkatkan kepuasan masyarakat.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorIWAN, TANJUNG SUTARNAnidn0806059402
Thesis advisorMUHAMMAD, APRIAN JAILANInidn0804049501
Uncontrolled Keywords: Reformasi Birokrasi, Pelayanan Publik, Dinas Kesehatan, Kota Mataram
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 351 Administrasi Publik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Publik > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nurmaya Nurmaya
Date Deposited: 01 Sep 2025 06:19
Last Modified: 01 Sep 2025 06:19
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12334

Actions (login required)

View Item View Item