IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DALAM KURIKULUM MERDEKA DI KELAS 3 SDN 01 DASAN BARU

REY, FEBRYAN (2025) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DALAM KURIKULUM MERDEKA DI KELAS 3 SDN 01 DASAN BARU. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penilaian autentik dalam Kurikulum Merdeka pada pembelajaran di kelas 3 SDN 1 Dasan Baru. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data di lakukan melalui observasi, wawancara guru serta dokumentasi instrumen penilaian dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru kelas 3 SDN 1 Dasan Baru telah menerapkan berbagai bentuk penilaian autentik dalam proses pembelajaran seperti, penilaian proyek, kinerja, portofolio, observasi, tugas menulis dan mendongeng. Meskipun terdapat kendala seperti keterbatasan waktu dan pemahaman guru terhadap konsep penilaian autentik, secara umum implementasi berjalan cukup efektif dan mampu memberikan gambaran yang lebih menyeluruh mengenai capaian kompetensi siswa. Penelitian ini menyarankan perlunya pelatihan lanjutan bagi guru serta penguatan dukungan dari pihak sekolah agar implementasi penilaian autentik dapat berjalan lebih optimal sesuai dengan semangat Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSINTAYANA, MUHARDINInidn0810018901
Thesis advisorNURSINA, SARInidn0825059102
Uncontrolled Keywords: penilaian Autentik, Kurikulum Merdek
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Rey Febryan
Date Deposited: 02 Sep 2025 06:11
Last Modified: 02 Sep 2025 06:11
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12307

Actions (login required)

View Item View Item