PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY TERHADAP MINAT BELAJAR IPAS SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 35 AMPENAN

AYU, WULANDARI (2025) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY TERHADAP MINAT BELAJAR IPAS SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 35 AMPENAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Media Pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran, guru harus bisa memilih teknik atau metode agar siswa memusatkan perhatiannya kepada guru dalam menyampaikan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan dari penerapan Media Pembelajaran Augmented Reality Terhadap Minat Belajar IPAS Siswa Kelas III SDN 35 Ampenan. Metode penelitian adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen kuasi, sampel yang digunakan sebanyak 32 siswa terdiri dari kelas III-A 17 siswa sebagai kelas eksperimen dan III-B 15 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, lembar angket dan lembar dokumentasi. Metode analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test atau uji t pada program IBM SPSS versi 30 for windows. Hasil penelitian Uji Paired Sample T-Test menunjukkan angka yang signifikan antara nilai pre-test dengan post-test dengan nilai signifikansi 2-tailed (Two-Sidded p) = 0,001<0,05, maka Hipotesis Nol (H0) pada penelitian ini di tolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima, di mana terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua test. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan penggunaan Media Pembelajaran Augmented Reality memiliki pengaruh terhadap minat belajar siswa kelas III SDN 35 Ampenan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUHAMMAD, NIZAARnidn0821078501
Thesis advisorNURSINA, SARInidn0825059102
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Augmented Reality, IPAS.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Ayu Wulandari
Date Deposited: 02 Sep 2025 02:49
Last Modified: 02 Sep 2025 02:49
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12301

Actions (login required)

View Item View Item