ACHMAD, ABDUL HAWABI (2025) ANALISIS PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SDN 3 PAJO. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kepala sekolah sebagai pemimpin harus merespon kebutuhan sekolahan tersebut termasuk kebutuhan guru yang profesional. Dalam hal ini, sebagai kepala sekolah selaku pimpinan membutuhkan strategi untuk meningkatkan profesionalisme guru untuk menuju sekolah yang lebih berkualitas. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru di SDN 3 Pajo dan faktor apa yang dapat meningkatkan kompetensi profesionalisme guru di SDN 3 Pajo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitataif dengan jumlah sampel kepala sekolah dan guru kelas di SDN 3 Pajo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi dengan teknik analisis data yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan analisis data bahwa (1) Peran kepala sekolah di SDN 3 Pajo sangat strategis dalam meningkatkan kompetensi profesional guru. Selain menjalankan fungsi manajerial, kepala sekolah juga berperan sebagai pemimpin pembelajaran yang membimbing, memotivasi, dan memfasilitasi guru. Melalui supervisi, pelatihan, dan pembinaan, serta penciptaan lingkungan kerja yang kondusif, kepala sekolah mendorong peningkatan penguasaan materi, metode pembelajaran inovatif, dan pemanfaatan teknologi oleh guru. (2) Peningkatan kompetensi profesional guru di SDN 3 Pajo dipengaruhi oleh beberapa faktor, terutama dukungan aktif dari berbagai unsur. Kompetensi profesional meliputi penguasaan materi, pemahaman peserta didik, kemampuan pedagogik, serta pemanfaatan teknologi dan inovasi pembelajaran. Kepemimpinan kepala sekolah sebagai fasilitator, motivator, dan pengarah menjadi kunci penting. Selain itu, pengembangan profesional berkelanjutan melalui pelatihan, diskusi kelompok, dan penyesuaian terhadap perubahan kurikulum juga berperan besar dalam meningkatkan kualitas guru.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Kepala Sekolah, Kompetensi Profesional Guru | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 800 Kesusastraan > 807 Pendidikan, penelitian 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Achmad Abdul Hawabi | |||||||||
Date Deposited: | 01 Sep 2025 06:27 | |||||||||
Last Modified: | 01 Sep 2025 06:27 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12288 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |