STRATEGI GURU PPKn DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI SILA KETUHANAN YANG MAHA ESA DI MTs HIDAYATULLAH MATARAM

JULFIYATI, JULFIYATI (2025) STRATEGI GURU PPKn DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI SILA KETUHANAN YANG MAHA ESA DI MTs HIDAYATULLAH MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang digunakan oleh guru PPKn MTs Hidayatullah Mataram dalam membentuk karakter religius siswa melalui sila Ketuhanan Yang Maha Esa, untuk menganalisis penerapan strategi guru PPKn dalam pembentukan karakter religius siswa di MTs Hidayatullah Mataram dan untuk menganalisis kendala yang dihadapi guru PPKn dalam menerapkan strategi pembentukan karakter religius siswa melalui sila Ketuhanan Yang Maha Esa di MTs Hidayatullah Mataram. Penelitian ini di Latar Belakangi oleh pemahaman siswa dalam penerapan nilai-nilai religius yang terkandung dalam sila ketuhanan yang Maha Esa belum mencapai tingkat yang optimal dikalangan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif. Dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan metode analisis data adalah reduksi data, penyajian data,dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa; 1) Strategi yang digunakan oleh guru PPKn MTs Hidayatullah Mataram dalam membentuk karakter religius siswa melalui Sila Ketuhanan Yang Maha Esa sebagai berikut: (a) Integrasi nilai religius dalam pembelajaran, dengan mengaitkan materi PPKn dengan nilai-nilai keagamaan; (b) Keteladanan sikap dan perilaku oleh guru; dan (c) Pembiasaan kegiatan keagamaan, seperti salat duha, tadarus Al-Quran, dan shalat zuhur berjamaah. 2) Penerapan strategi guru PPKn dalam membentukan karakter religius siswa di MTs Hidayatullah Mataram yaitu diterapkan secara kolaboratif oleh guru PPKn, kepala sekolah, dan guru lainnya, serta menjadi bagian dari budaya sekolah. 3) Kendala yang dihadapi guru PPKn antara lain berasal dari faktor internal siswa, seperti kurangnya kesadaran dan motivasi, serta faktor eksternal seperti lingkungan keluarga yang kurang mendukung.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSRI, REJEKInidn0010126601
Thesis advisorZEDI, MUTTAQINnidn0821128402
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru PPKn, Karakter Religius,Sila Ketuhanan Yang Maha Esa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
800 Kesusastraan > 807 Pendidikan, penelitian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Juifiyati Juifiyati
Date Deposited: 01 Sep 2025 05:54
Last Modified: 01 Sep 2025 05:54
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12283

Actions (login required)

View Item View Item