PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DI SEKOLAH DASAR

NURUL, ISNAINI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DI SEKOLAH DASAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di sekolah dasar yang masih didominasi metode konvensional. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keaktifan siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran inovatif yang berpusat pada siswa, seperti Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest non-equivalent group design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan uji Independent Sample T-Test menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen dengan model PjBL mencapai rata-rata 94,7% (sangat baik), sedangkan pada kelas kontrol dengan model PBL sebesar 94,4% (sangat baik). Keaktifan siswa berdasarkan angket juga menunjukkan perbedaan signifikan, di mana nilai rata-rata keaktifan siswa kelas eksperimen adalah 34,27 (kategori aktif) sedangkan pada kelas kontrol sebesar 28,40 (kategori cukup aktif). Hasil uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,041 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara keaktifan siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Project Based Learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran IPAS di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorINTAN DWI, HASTUTInidn0823078802
Thesis advisorAHMAD, AFANDInidn0819038401
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Keaktifan Siswa, IPAS
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nurul Isnaini
Date Deposited: 01 Sep 2025 03:22
Last Modified: 01 Sep 2025 03:22
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12282

Actions (login required)

View Item View Item