PENGARUH PENDEKATAN ETNOSAINS DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI SD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

EVA, ERNA (2025) PENGARUH PENDEKATAN ETNOSAINS DALAM PEMBELAJARAN IPAS DI SD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pengaruh pendekatan etnosains sangat penting dalam proses pembelajaran, guru harus bisa memilih teknik atau metode agar siswa bisa memusatkan perhatiannya kepada guru yang menyampaikan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh siqnifikan dari penerapan Pendekatan Etnosains Dalam Pembelajaran IPAS di SD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDN 35 Ampenan. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen, sampel yang digunakan sebanyak 32 siswa terdiri dari kelas III-A 17 siswa sebagai kelas eksperimen dan III-B 15 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, lembar soal dan lembar dokumentasi. Metode analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan independen paired sample T-Test atau uji-t pada program IBM SPSS versi 30 for windows. Hasil penelitian uji independen paired sample T-Test menunjukan angka yang signifikan antara nilai pre-test dengan post-test dengan nilai signifikan 2-tailed (Two-Sidded p)= 0,001<0,05, maka hipotesis Nol (H0) pada penelitian ini di tolak dan hipotesis Alternatif (Ha) diterima, di mana terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua test. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukan penggunaan teknik pendekatan etnosains memiliki pengaruh untuk meningkatkan hasil belajar siswa SDN 35 Ampenan

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHAIFATRURRAHMAN, HAIFATRURRAHMANnidn0804048501
Thesis advisorNURSINA, SARInidn0825059102
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Etnosains, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Eva Erna
Date Deposited: 01 Sep 2025 01:44
Last Modified: 01 Sep 2025 01:44
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12241

Actions (login required)

View Item View Item