DAMPAK KEBIJAKAN PROGRAM KARTU INDONESIA PINTAR (KIP) DALAM MEWUJUDKAN HAK PENDIDIKAN BAGI SISWA YANG TIDAK MAMPU DI DESA RASABOU KECAMATAN SAPE KABUPATEN BIMA

NUR, KOMARIAH (2025) DAMPAK KEBIJAKAN PROGRAM KARTU INDONESIA PINTAR (KIP) DALAM MEWUJUDKAN HAK PENDIDIKAN BAGI SISWA YANG TIDAK MAMPU DI DESA RASABOU KECAMATAN SAPE KABUPATEN BIMA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, kendala, dan dampak dari Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) dalam mewujudkan hak pendidikan bagi siswa kurang mampu di Desa Rasabou, Kecamatan Sape, Kabupaten Bima. mengevaluasi pengaruh Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) dalam mendukung hak pendidikan bagi siswa yang kurang mampu. Program KIP merupakan bagian dari kebijakan pemerintah yang bertujuan meratakan akses pendidikan dan mengurangi kemiskinan melalui pemberian bantuan biaya pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis tematik dan triangulasi.dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, serta dokumentasi dari pihak-pihak yang terlibat, seperti siswa penerima KIP, orang tua, dan pengurus desa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program KIP berdampak positif dalam meningkatkan akses pendidikan dan semangat belajar siswa. pendidikan dan motivasi belajar siswa. Namun, pelaksanaannya masih memiliki berbagai hambatan, seperti pencairan dana yang tertunda, ketidakakuratan dalam menentukan penerima manfaat, kurangnya sosialisasi, dan munculnya stigma sosial terhadap penerima bantuan. Selain itu, faktor transparansi dan akuntabilitas dalam pelaksanaan program dinilai masih kurang optimal. Temuan ini menunjukkan perlunya perbaikan dalam mekanisme pendataan dan distribusi bantuan agar program tepat sasaran dan berkelanjutan. Penelitian Penelitian ini memberikan sumbangan dalam penguatan kebijakan pendidikan dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas Program KIP, terutama di daerah-daerah terpencil seperti Desa Rasabou. Dengan demikian, diharapkan Program KIP dapat berjalan secara optimal sebagai alat pemenuhan hak pendidikan yang adil dan merata bagi seluruh masyarakat.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHAFSAH, HAFSAHnip196906052007012037
Thesis advisorISNAINI, ISNAINInidn0803058401
Uncontrolled Keywords: Kartu Indonesia Pintar, hak pendidikan.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 650 Manajemen
300 Ilmu Sosial > 351 Administrasi Publik
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nur Komariah
Date Deposited: 29 Aug 2025 07:58
Last Modified: 29 Aug 2025 07:58
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12236

Actions (login required)

View Item View Item