PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMAN 2 LABUAPI

SUCI, PURNAMA SARI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMAN 2 LABUAPI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan berperan penting dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas, namun di SMAN 2 Labuapi masih terdapat kendala seperti rendahnya prestasi belajar akibat metode konvensional dan minimnya keterlibatan siswa. Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dipandang relevan karena mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan nyata serta mendorong partisipasi aktif dan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh CTL terhadap prestasi belajar siswa sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kuasi-eksperimen untuk menguji pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Labuapi. Sampel sebanyak 47 siswa dipilih secara purposive dari populasi 70 siswa, dengan XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Variabel bebas adalah model CTL, sedangkan variabel terikat adalah prestasi belajar siswa. Data dikumpulkan melalui pre-test, post-test, dokumentasi, dan angket, serta dianalisis menggunakan uji validitas (korelasi item-total), reliabilitas (Cronbach’s Alpha), normalitas (Kolmogorov-Smirnov), homogenitas, regresi sederhana, dan uji-t. Hipotesis diterima jika nilai p < 0,05, yang menunjukkan pengaruh signifikan model CTL terhadap prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) memberikan pengaruh sebesar 56,8% terhadap prestasi belajar siswa, berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana. Selain itu, uji independent sample t-test menghasilkan nilai thitung sebesar 17,646 dengan signifikansi 0,000, yang berarti terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Selisih rata-rata sebesar 22,756 menunjukkan bahwa model CTL tidak hanya memberikan pengaruh yang signifikan secara statistik, tetapi juga berdampak nyata dalam meningkatkan capaian akademik siswa dalam mata pelajaran PPKn.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorCANDRA, CANDRAnidn0810058503
Thesis advisorALIAHARDI, WINATAnidn0814098601
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, Prestasi Belajar, PPKn
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Suci Purnama Sari
Date Deposited: 29 Aug 2025 06:52
Last Modified: 29 Aug 2025 06:52
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12233

Actions (login required)

View Item View Item