PENGARUH MODEL INQUIRY TRAINING TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS VIII SMPN 1 BATULAYAR

SULIANI, SULIANI (2025) PENGARUH MODEL INQUIRY TRAINING TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS VIII SMPN 1 BATULAYAR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan adalah proses sadar dan terencana yang membantu peserta didik mengembangkan potensinya secara optimal, termasuk melalui mata pelajaran PKn yang berperan dalam membentuk karakter dan kesadaran kebangsaan. Di kelas VIII SMPN 1 Batulayar, pembelajaran PKn masih berlangsung secara monoton dengan metode satu arah, sehingga minat dan keterlibatan siswa rendah. Model Inquiry Training dipilih sebagai alternatif karena mendorong siswa untuk aktif berpikir kritis, menemukan pengetahuan sendiri, serta membangun rasa tanggung jawab dalam proses belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen satu kelompok. Instrumen yang digunakan berupa angket yang terdiri dari 15 pernyataan dengan skala Likert lima poin, yang akan diuji validitas dan reliabilitasnya sebelum digunakan. Metode analisis data mencakup uji normalitas untuk memastikan distribusi data, uji regresi linear sederhana untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Training terhadap kualitas pembelajaran, serta uji Independent Sample t-test untuk melihat adanya peningkatan yang signifikan setelah perlakuan Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Inquiry Training berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji regresi linear sederhana yang menghasilkan nilai R sebesar 0,623 dan R Square sebesar 0,389, serta nilai signifikansi 0,000. Selain itu, uji t berpasangan menunjukkan nilai thitung sebesar 86,568 dan signifikansi 0,000, yang mengindikasikan adanya peningkatan hasil belajar yang sangat signifikan setelah penerapan model tersebut. Dengan demikian, model Inquiry Training terbukti mampu meningkatkan mutu pembelajaran PKn secara menyeluruh melalui pendekatan aktif, reflektif, dan eksploratif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSRI, REJEKInip196906052007012037
Thesis advisorALIAHARDI, WINATAnidn0814098601
Uncontrolled Keywords: Inquiry Training, Kualitas Pembelajaran, PKn
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Suliani Suliani
Date Deposited: 29 Aug 2025 07:54
Last Modified: 29 Aug 2025 07:54
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12230

Actions (login required)

View Item View Item