PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENANAMKAN KARAKTER GOTONG ROYONG SISWA DI SDN 1 SUANGI

BAIQ DHIEN, ROSANA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENANAMKAN KARAKTER GOTONG ROYONG SISWA DI SDN 1 SUANGI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning/PjBL) penguatan karakter gotong royong siswa sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada hasil observasi di SDN 1 Suangi yang menunjukkan bahwa karakter gotong royong siswa masih rendah, ditandai dengan kurangnya kerja sama dalam kelompok, rendahnya kepedulian sosial, dan sikap individualistis yang masih kuat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan quasi eksperimen. Subjek penelitian melibatkan seluruh siswa kelas V dan IV SDN 1 Suangi, berjumlah 50 siswa yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan adalah angket karakter gotong royong yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa seluruh item memiliki nilai thitung > ttabel (0,278), dan hasil uji reliabilitas menunjukkan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,966, menandakan bahwa instrumen tersebut valid dan reliabel. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test menghasilkan nilai thitung sebesar 18,423 dengan signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model Project Based Learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan karakter gotong royong siswa sebesar 75%. Pembelajaran berbasis proyek tidak hanya membentuk keterampilan akademik, tetapi juga memperkuat nilai-nilai sosial seperti kerja sama, tanggung jawab, empati, dan solidaritas. Oleh karena itu, disarankan agar guru menerapkan model PjBL sebagai salah satu strategi dalam pembelajaran yang bertujuan mengembangkan karakter siswa secara holistik dan sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHAFSAH, HAFSAHnip196906052007012037
Thesis advisorZEDI, MUSTTAQINnidn0821128402
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Proyek, Karakter Gotong Royong
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Baiq Dhien Rosana
Date Deposited: 29 Aug 2025 02:05
Last Modified: 29 Aug 2025 02:05
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12182

Actions (login required)

View Item View Item