ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENJUALAN PADA USAHA BATAKO DI DESA RANGGO KECAMATAN PAJO KABUPATEN DOMPU

MUHAMAD, ISNAINI (2025) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENJUALAN PADA USAHA BATAKO DI DESA RANGGO KECAMATAN PAJO KABUPATEN DOMPU. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan pada usaha batako UD. Karya Perdana di Desa Ranggo, Kecamatan Pajo, Kabupaten Dompu. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan utama dalam penelitian ini meliputi pelaku usaha, konsumen, dan aparat desa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penjualan dipengaruhi oleh beberapa faktor utama, yaitu kemampuan penjual, kondisi pasar, ketersediaan modal, sistem distribusi, kualitas produk, dan strategi promosi. Hambatan utama terletak pada keterbatasan modal serta sistem distribusi dan promosi yang masih sederhana. Oleh karena itu, pengembangan distribusi dan pemanfaatan media digital disarankan untuk meningkatkan daya saing usaha batako di wilayah tersebut.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUHAMMAD, ALInidn0806066801
Thesis advisorSUDARTA, SUDARTAnidn0802048008
Uncontrolled Keywords: Penjualan, Usaha Batako, Faktor-Faktor Penjualan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Bisnis > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Muhamad Isnaini
Date Deposited: 08 Sep 2025 07:38
Last Modified: 08 Sep 2025 07:38
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12158

Actions (login required)

View Item View Item