PENERAPAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PKn KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH ASSA’ADAH LABUAPI

DWIK, SEPTIANA (2025) PENERAPAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PKn KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH ASSA’ADAH LABUAPI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa Pada pelajaran PKn Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Assa’adah Labuapi tahun pelajaran 2024/2025 dengan menggunakan media ular tangga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix methode (kuantitatif dan kualitatif), sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah kriteria ketuntasan minimal KKM, rumus ketuntasan klasikan siswa, penilaian lembar observai siswa, setelah analisis ini data ini dilakukan barulah akan diketahui apakah siswa kela VII Madrasah Tsanawiyah Assa’adah Labuapi yang berjumlah 15 siswa memiliki minat sangat tinggi dan minat rendah. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan minat belajar siswa pada materi Keberagaman masyarakat, suku dan agama dalam Bhinneka Tunggal Ika pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Asa’addah Labuapi menggunakan media ular tangga adapun pelaksanaan ini dilakukan dalam II siklus. Data minat belajar siswa diperoleh dari tes yang di berikan pada setiap siklus. Setelah itu data-data tersebut di analisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang di tunjukan pada presentase ketuntasan pada Pra-siklus sebanyak 33,33%, pada siklus I sebanyak 40%, dan pada siklus II sebanyak 100%. Hal ini juga terlihat dari peningkatan nilai rata-rata pada Pra-siklus 69,33 ,pada siklus I 69,67 dan siklus II 87,14. Kesimpulan bahwa penerapan media ular tangga dapat meningkatkan minat belajar siswa, pada materi keberagaman masyarakat, suku dan agama dalam Bhinneka Tunggal Ika kelas VII Madraah Tsanawiyah Assa’adah Labuapi pada tahun pelajaran 2024-2025.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSRI, REJEKInidn0010126601
Thesis advisorZEDI, MUTTAQINnidn0821128402
Uncontrolled Keywords: Tujuan penelitian, metode penelitian, hasil penelitian, dan Kesimpulan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
800 Kesusastraan > 807 Pendidikan, penelitian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Dwik Septiana
Date Deposited: 29 Aug 2025 06:00
Last Modified: 29 Aug 2025 06:00
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12147

Actions (login required)

View Item View Item