DODI, IRMAWAN (2025) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SDN 3 JEROWARU. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan pem-belajaran berdiferensiasi terhadap minat belajar siswa kelas VI pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di SDN 3 Jerowaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ren-dahnya mina belajar siswa akibat metode pengajaran konvensional yang kurang mempertimbangkan perbedaan karakteristik dan kebutuhan belajar. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah 30 siswa yang terbagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas menghasilkan nilai kolerasi butir antara 0,381-0,728 yang lebih tinggi dari r tabel 0,361, sedangkan reabilitas instrumen menunjukan nilai cronbach’s Alpha sebesar 0,716 (>0,361), sehingga dinyatakan reliabel. Uji normalitas menunjukan data berdistribusi normal (Sig.>0,05). hasil uji-t menunjukan adanya perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol dengan nilai t hitung 3,85 lebih besar dari t tabel 2,05 dan nilai Sig. 0,001 < 0,05. Dengan demikian, penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi terbukti berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila di kelas VI SDN 3 Jerowaru.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berdiferensiasi, Minat Belajar, Pendidikan Pancasila | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 800 Kesusastraan > 807 Pendidikan, penelitian 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Dodi Irmawan | |||||||||
Date Deposited: | 29 Aug 2025 03:04 | |||||||||
Last Modified: | 29 Aug 2025 03:04 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12142 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |