PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SDN 3 JEROWARU

DODI, IRMAWAN (2025) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI SDN 3 JEROWARU. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan pem-belajaran berdiferensiasi terhadap minat belajar siswa kelas VI pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di SDN 3 Jerowaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ren-dahnya mina belajar siswa akibat metode pengajaran konvensional yang kurang mempertimbangkan perbedaan karakteristik dan kebutuhan belajar. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah 30 siswa yang terbagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas menghasilkan nilai kolerasi butir antara 0,381-0,728 yang lebih tinggi dari r tabel 0,361, sedangkan reabilitas instrumen menunjukan nilai cronbach’s Alpha sebesar 0,716 (>0,361), sehingga dinyatakan reliabel. Uji normalitas menunjukan data berdistribusi normal (Sig.>0,05). hasil uji-t menunjukan adanya perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol dengan nilai t hitung 3,85 lebih besar dari t tabel 2,05 dan nilai Sig. 0,001 < 0,05. Dengan demikian, penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi terbukti berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila di kelas VI SDN 3 Jerowaru.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSINTAYANA, MUHARDINInidn0810018901
Thesis advisorNANANG, RAHMANnidn0824038702
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berdiferensiasi, Minat Belajar, Pendidikan Pancasila
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
800 Kesusastraan > 807 Pendidikan, penelitian
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Dodi Irmawan
Date Deposited: 29 Aug 2025 03:04
Last Modified: 29 Aug 2025 03:04
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12142

Actions (login required)

View Item View Item