“IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PANCASILA TERHADAP LUNTURNYA KARAKTER NASIONALISME SISWA DI SMP NEGERI 4 GERUNG LOMBOK BARAT”

ABDUL, BASERON (2025) “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PANCASILA TERHADAP LUNTURNYA KARAKTER NASIONALISME SISWA DI SMP NEGERI 4 GERUNG LOMBOK BARAT”. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi metode penerapan pendidikan Pancasila dalam membangun dan mempertahankan karakter nasionalisme siswa di SMP Negeri 4 Gerung, Lombok Barat. Latar belakang studi ini muncul karena adanya indikasi penurunan semangat nasionalisme di kalangan siswa, yang dapat dilihat dari minimnya penghargaan terhadap simbol-simbol negara, melemahnya rasa persatuan, serta meningkatnya dampak budaya dari luar. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan cara pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan pengumpulan dokumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis kualitatif yang dikemukakan oleh Sugiyono, yang terdiri dari tiga tahap, yaitu pengurangan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengurangan data dilakukan dengan cara memilih, menyederhanakan, serta memusatkan perhatian pada data yang relevan dengan tujuan penelitian. Setelah data dikurangi, langkah selanjutnya adalah menyajikan data dalam bentuk narasi, tabel, atau grafik untuk membantu peneliti dalam memahami informasi yang telah diperoleh. Tahap akhir adalah penarikan kesimpulan atau verifikasi, yaitu proses yang dilakukan untuk menginterpretasi data guna menemukan pola, arti, serta jawaban atas pertanyaan yang diajukan dalam penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pendidikan Pancasila telah diterapkan melalui pembelajaran di ruang kelas, kegiatan ekstrakurikuler, serta pembiasaan nilai-nilai kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari siswa. Kendati demikian, efektivitasnya masih dipengaruhi beberapa faktor seperti metode pengajaran yang tidak terlalu inovatif, dampak media sosial, dan kurangnya keteladanan dari lingkungan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHAFSAH, HAFSAHnip196906052007012037
Thesis advisorZEDI, MUTTAQINnidn0821128402
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Pancasila, Nasionalisme, Karakter Siswa
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 107 Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Abdul Baseron
Date Deposited: 29 Aug 2025 03:15
Last Modified: 29 Aug 2025 03:15
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12098

Actions (login required)

View Item View Item