PENGARUH MEDIA WAYANG KARTUN TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SDN I DASAN BARU

RAMLIN, RAMLIN (2025) PENGARUH MEDIA WAYANG KARTUN TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SDN I DASAN BARU. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media wayang kartun terhadap kemampuan menyimak cerita dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas III SDN I Dasan Baru. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menyimak siswa akibat metode pembelajaran yang kurang bervariasi dan tidak menggunakan media yang menarik. Media wayang kartun digunakan karena diyakini dapat meningkatkan perhatian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan media wayang kartun dalam pembelajaran, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan menyimak (pretest dan posttest). Data dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen adalah 81,91, sedangkan kelas kontrol hanya 73,26. Selisih nilai rata-rata tersebut menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Hasil uji-t menunjukkan thitung sebesar 3,148 lebih besar dari ttabel sebesar 2,021 (thitung > ttabel), sehingga Hₐ diterima dan H₀ ditolak. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media wayang kartun terhadap kemampuan menyimak siswa. Kesimpulannya, penggunaan media wayang kartun terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan menyimak cerita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNURSINA, SARInidn0825059102
Thesis advisorARPAN ISLAMI, BILALnidn080068101
Uncontrolled Keywords: Media Wayang Kartun, Kemampuan Menyimak Cerita, Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Ramlin Ramlin
Date Deposited: 29 Aug 2025 06:02
Last Modified: 29 Aug 2025 06:02
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12096

Actions (login required)

View Item View Item